Menambah Memory PHP di WordPress


Apakah kamu mengalamai kesalahan memory di WordPress? Biasanya salah satu kesalahannya adalah seperti berikut:


Ini merupakan salah satu kesalahan yang paling umum dialami oleh WordPress dan Anda dapat memperbaiknya dengan mudah, yaitu dengan menambahkan batas penggunaan memory php. Pada tutorial ini kami akan menunjukkan cara memperbaiki kesalahan kehabisan memory.

WordPress ditulis dengan menggunakan bahasa php, yang merupakan bahasa pemrograman dari sisi server. Setiap website yang menggunakan WordPress membutuhkan server WordPress untuk menjalankan programnya agar dapat berfungsi dengan baik. Web Server sama seperti halnya dengan komputer, untuk menjalankan suatu program mereka membutuhkan memory agar bisa menjalankan program secara efisien.

Begitu juga dengan WordPress, WordPress juga membutuhkan memory untuk menjalankan program-program yang berada didalamnya dan biasanya Administrator mengalokasikan ukuran memory tertentu ke berbagai aplikasi termasuk php. Apabila suatu program WordPress membutuhkan memory yang lebih besar dari yang dialokasikan oleh Administrator, maka kamu akan menemukan kesalahan seperti gambar diatas. Karena secara default, WordPress memberikan batasan penggunaan memory adalah 64mb dan secara otomatis WordPress akan meningkatkan batasan penggunaan memory php jika kurang dari 64mb. Namun karena 64mb tidak cukup untuk menjalankan programnya, maka muncullah kesalahan Fatal Error. Berikut cara mengatasi kesalahan tersebut:

  • Login ke cPanel atau Control Panel hosting atau bisa juga melalui FTP menggunakan FileZilla
  • Masuk ke File Manager kemudian cari file wp-config.php lalu buka file tersebut
  • Tambahkan script berikut:
define( 'WP_MEMORY_LIMIT', '256M' );
  • Letakkan script tersebut tepat di atas ‘That’s all, stop editing! Happy blogging.’, kemudian simpan. Kode di atas membantu WordPress untuk meningkatkan batasan penggunaan memory php sampai dengan 256mb
  • Refresh halaman website yang error, maka kesalahan Fatal Error sudah teratasi

Apabila cara diatas tidak bekerja untuk menyelesaikan masalahnya, artinya penyedia layanan web hosting yang kamu gunakan tidak memperbolehkan WordPress untuk menambahkan batasan penggunaan memory php. Anda harus menghubungi penyedia layanan untuk meningkatkan batasan penggunaan memory php secara manual.

  • 3 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Membuat Database Mysql di cPanel

Untuk membuat database mysql di cPanel, silahkan ikuti langkah berikut: Silahkan login...

Membuat Database Mysql di cPanel

Untuk membuat database mysql di cPanel, silahkan ikuti langkah berikut: Silahkan login...

Mengalihkan HTTP ke HTTPS

Setelah kita menginstall SSL di hosting, memang tidak secara otomatis website akan langsung...

Mengalihkan HTTP ke HTTPS

Setelah kita menginstall SSL di hosting, memang tidak secara otomatis website akan langsung...

Merubah Informasi Kontak cPanel

Bagaimana cara merubah Informasi Kontak di hosting cPanel? Apa fungsi dari Informasi Kontak...