Cara Upload Database ke Hosting


Ada 3 cara untuk mengupload database ke hosting, yaitu melalui phpMyadmin, menu cadangan dan menu wizard pencadangan, sedangkan untuk Sentora hanya bisa diupload melalui phpMyAdmin saja. Pertama akan kami jelasnya bagaimana cara upload melalui phpMyAdmin.


Dibagian kiri, ada daftar database yang tadi sudah dibuat. Pada contoh kali ini kami akan memilih database ddnsweb_lks.


Pada tampilan diatas, pilih menu Import. Maka akan muncul tampilan seperti berikut:


Pada langkah ini, pilih cari dimana Anda menyimpan database yang akan diupload. Perhatikan kotak warna kuning, pastikan ukuran database yang diupload tidak lebih dari ukuran yang sudah ditentukan. Apabila ukurannya lebih besar dari yang ditentukan tersebut, maka Anda tidak diperkenankan mengupload database melalui phpMyAdmin. Namun Anda masih bisa menguploadnya dengan 2 cara yang akan kami jelaskan dibawah. Jika database sudah dipilih, silahkan tunggu beberapa saat hingga database selesai di upload.



Gambar diatas menandakan bahwa database sudah selesai diupload. Pastikan tampilan seperti diatas sudah benar-benar muncul untuk memastikan bawah database sudah terupload ke hosting.

Untuk cara yang kedua yaitu upload database melalui menu Cadangan/Backup. Cara upload database melalui menu Cadangan adalah sebagai berikut:


Login ke akun cPanel dan pilih menu Cadangan. Akan muncul tampilan berikut:


Cari menu yang seperti gambar diatas, kemudian cari dimana Anda menyimpan database yang akan diupload. Jika sudah pilih “Unggah” dan tunggu hingga database selesai diupload. Pada cara ini tidak ada batasan ukuran database yang akan diupload, namun batasannya adalah ukuran kapasitas disk hosting Anda.

Dan cara yang ketiga yaitu upload database melalui Backup Wizard/Wizard Pencadangan. Login ke akun cPanel Anda dan pilih menu Wizard Pencadangan.


Akan muncul tampilan berikut:


Pilih menu yang bagian kanan kemudian klik “Pulihkan”.


Setelah itu pilih menu “Database MySQL”.


Kemudian cari dan pilih database yang akan diupload. Jika sudah kemudian klik “Unggah”. Tunggu beberapa saat hingga database selesai diupload ke hosting. Pada cara ini tidak ada batasan besaran database yang diupload, batasannya adalah berapa besar ukuran disk akun hosting Anda.
  • 3 Users Found This Useful
Was this answer helpful?

Related Articles

Membuat Database Mysql di cPanel

Untuk membuat database mysql di cPanel, silahkan ikuti langkah berikut: Silahkan login...

Membuat Database Mysql di cPanel

Untuk membuat database mysql di cPanel, silahkan ikuti langkah berikut: Silahkan login...

Mengalihkan HTTP ke HTTPS

Setelah kita menginstall SSL di hosting, memang tidak secara otomatis website akan langsung...

Mengalihkan HTTP ke HTTPS

Setelah kita menginstall SSL di hosting, memang tidak secara otomatis website akan langsung...

Merubah Informasi Kontak cPanel

Bagaimana cara merubah Informasi Kontak di hosting cPanel? Apa fungsi dari Informasi Kontak...